sichengger

Mencari Jati Diri

Tim “Merah-Putih” Uji Coba Lawan Jordania, 27 Agustus 2011

GAGAL menghadapi Korea Utara dan Malaysia, timnas Indonesia yang dipersiapkan menuju gelaran Pra Piala Dunia Grup D zona Asia, memilih berkonsentrasi untuk langsung mengagendakan ujicoba kontra tim-tim asal Timur Tengah.

Hal ini bertujuan untuk langsung beradaptasi dengan pola permainan tiga lawan di fase ini, yakni Iran, Qatar dan Bahrain. Langkah timnas menemui titik kejelasan setelah Yordania bersedia menerima ‘pinangan’ tim Merah Putih untuk latih tanding.

Kesepakatan tersebut terungkap melalui pernyataan Sekretaris Jenderal PSSI, Tri Goestoro, Rabu (10/8/2011). Ia mengungkapkan, dari dua tim yang kini terus dijajaki, yakni Yordania dan Yaman, nama pertama sudah setuju.

“Dari rencana yang ada, kami akan melakukan pertandingan dua kali. Khusus dengan Yordania, mereka sudah setuju untuk menerima kami di Amman pada 27 Agustus mendatang. Sehingga sudah pasti timnas akan terbang lebih awal dari Indonesia,” ujar Tri.

Dua negara ini juga mendapat undangan khusus untuk datang ke tanah air. Dua kemungkinan lokasi sudah dipilih untuk menjamu mereka, yakni Solo atau Malang, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno, sedang direnovasi.
“Pertandingan kemungkinan sebelum tanggal 20 Agustus. Dua kota itu kita pilih dengan alasan simpel saja. Kami juga mengharap dukungan publik dari kedua kota itu, karena para pemain kita memang membutuhkan itu sekarang,” 

Timnas Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 dijadwalkan akan beruji coba melawan timnas Jordania di Amman, Jordania, 27 Agustus mendatang atau sepekan menjelang laga melawan Iran pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup E zona Asia.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI Tri Goestoro melalui rilis yang dikirim staf media PSSI

“Kita sedang berupaya maksimal untuk bisa beruji coba dengan negara lain. Sampai saat ini yang baru siap adalah melawan Yordania, main di Amman tanggal 27 Agustus 2011,” kata Tri Goestoro, yang dikutip dalam rilis tersebut. Meski hanya berjarak sepekan dengan laga melawan Iran, uji coba melawan Jordania diharapkan memberi pengalaman tanding menghadapi tim Timur Tengah.

Tri menambahkan, PSSI sedang mengupayakan laga uji coba itu bisa digelar di Indonesia. Sebab, dengan dijadwalkannya uji coba melawan Jordania pada 27 Agustus itu, diperkirakan keberangkatan Firman Utina dan kawan-kawan dimajukan dari jadwal semula, 29 Agustus. Indonesia mengawali laga putaran ketiga melawan Iran di Teheran, 2 September mendatang.

Selain menjalin kontak dengan Asosiasi Sepak Bola Jordania, PSSI juga menghubungi Asosiasi Sepak Bola Yaman. Jika upaya meyakinkan pihak Yordania dan Yaman berhasil, laga uji coba timnas direncanakan digelar di Solo atau Malang, mengingat lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sedang direnovasi.

“Kita juga sedang menjalin komunikasi intensif dengan Yaman dan Yordania untuk bisa bermain di Indonesia. Jika akhirnya ditemukan kata sepakat, kami merencanakan pertandingan itu akan digelar di Solo atau Malang karena SUGBK sedang direnovasi,” papar Tri.

Indonesia bersaing dengan Iran, Qatar, dan Bahrain pada putaran ketiga Grup E kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Sebelum mendapat kepastian uji coba melawan Jordania, tim asuhan Pelatih Wim Rijsbergen itu mengalami kesulitan mendapatkan lawan uji coba. PSSI sempat mengontak Malaysia, Korea Utara, dan Selandia Baru.

Malaysia semula sedah sepakat untuk beruji coba pada 14 Agustus mendatang, tetapi belakangan membatalkan. Uji coba melawan Korea Utara batal setelah negeri komunis itu meminta match fee yang dinilai terlalu mahal. Korea Utara sendiri telah dijadwalkan beruji coba melawan Kuwait, 10 Agustus.

Uji coba Selandia Baru sulit terlaksana karena, menurut anggota Komite Eksekutif PSSI Bidang Koordinator Timnas Bob Hippy, kesulitan Federasi Sepak Bola Selandia Baru memanggil para pemain timnas mereka dalam waktu dekat.

11 August 2011 - Posted by | olah raga | ,

4 Comments »

  1. Ga bisa nonton,, ga punya tipi,, hahhaa

    Comment by ~Amela~ | 12 August 2011 | Reply

    • yaw langsung lihat ke stadion aja pasti rame disana

      Comment by sichengger | 12 August 2011 | Reply

  2. met wiken ya

    Comment by fanny | 13 August 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: