sichengger

Mencari Jati Diri

Air Terjun Sunggah

Ponorogo Selain dikenal dengan kesenian reog, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah yang mempunyai obyek wisata yang indah dan memesona. Diantaranya, Telaga Ngebel dan air terjun Banaran.

Namun, belum banyak yang tahu jika di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun terdapat obyek wisata yang indah, alami dan memesona.

Air yang meluncur deras dari ketinggian, jatuh mengenai bebatuan yang ada di bawahnya menimbulkan suara gemericik air menambah suasana yang asri. Air yang berasal dari pegunungan ini terasa begitu dingin saat disentuh.

Selain dingin, air yang mengalir juga sangat jernih. Tak hanya itu, aliran air terjun Sunggah yang dibawahnya dipenuhi berbagai jenis ikan ini terus mengalir sepanjang tahun.

Biasanya, kalau musim kemarau, suara gemericik air akan terdengar sampai jauh. Suara gemericik air ini oleh masyarakat sini dijadikan sebagai pertanda akan datang musim kemarau. Selain airnya dingin dan jernih, pemandangan di sekitarnya juga masih alami.

Tak jauh dari air terjun Sunggah, di desa ini juga terdapat obyek wisata lain. Yakni, sebuah tebing batu besar yang berada di tengah-tengah padang rumput. Tebing batu ini oleh warga setempat kemudian dinamakan Watu Semaur, karena jika ada orang berteriak akan menggema seperti berteriak di dalam gua.

Watu Semaur juga sering dimanfaatkan oleh para penghobi olah raga panjat tebing atau climbing. Karena, mempunyai ketinggian sekitar 125 meter, sehingga sangat cocok untuk mengadu nyali menaklukan ketinggian tebing ini. Jika musim kemarau, area di sekitar Watu Semaur sering dijadikan tempat berkemah.

Banyak pengunjung yang sengaja berkemah disini untuk menikmati keindahan Watu Semaur sambil panjat tebing. Mereka berasal dari Ponorogo, Madiun, Magetan dan banyak juga dari Surabaya serta kota-kota lainnya.

Untuk menarik wisatawan mau berkunjung ke obyek wisata air terjun Sunggah dan Watu Semaur, pihak desa setempat melalui Dinas Pariwisata Ponorogo mulai mempromisikan obyek wisata init.

Selain pemandangannya yang indah, alami dan memesona, akses menuju ke kedua obyek wisata ini sangat mudah dan bisa ditempuh sekitar 10 menit dari Kota Ponorogo.

Read more: Air Terjun Sunggah : Wisata Alam Ponorogo Yang Indah Memikat

12 August 2011 - Posted by | alam | ,

22 Comments »

  1. wwwiihhhh keren banget! wanna go there someday… :l
    anyway salam kenal kak.😀 kunjungin balik yaa :p

    Comment by sri^^ | 12 August 2011 | Reply

    • makasih yaw
      salam kenal juga

      Comment by sichengger | 12 August 2011 | Reply

  2. wiiiihhh kereeennn banget!!!

    wanna go there someday.. :l

    salam kenal, kunjungin balik yaaa😀

    Comment by sri^^ | 12 August 2011 | Reply

    • klo da wktu kamu maen kesini za
      pasti akan puas

      Comment by sichengger | 12 August 2011 | Reply

  3. terakhir ke Ponorogo 10 tahun yang lalu.. hahahaha, lama amat.. keren nih tempatnya, sepupu2 saya yang tinggal di ponorogo juga suka pamer dengan keindahan alam di Ponorogo..

    Comment by Dhenok | 12 August 2011 | Reply

    • lha ea maka dari itu kamu klo da waktu maen ke ponorogo aja
      pasti di suguhkan panoroma alam yang indah…….

      Comment by sichengger | 12 August 2011 | Reply

  4. bukitnya itu keren!🙂

    Comment by zilko | 12 August 2011 | Reply

    • yaw lumayan gan
      maen” ke ponorogo gan

      Comment by sichengger | 12 August 2011 | Reply

  5. keren banget pemandangannya.

    Comment by fanny | 12 August 2011 | Reply

    • yaw gan kamu maen ja kesini

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  6. Halah aq malah ga tau, plng pol cm alun2 hikz

    Comment by Tarry KittyHolic | 12 August 2011 | Reply

    • makanya kamu sering maen ke ponorogo aja biar tahu smwnya,hehehehehehehehehehe
      kamu asli mana lo?????????

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  7. Indah banget gan.
    Temenku banyak yg dari ponorogo.
    Kapan2 maen ah..hehe😀

    Salam Kenal

    Comment by ganesha | 12 August 2011 | Reply

    • yaw gan kapan” maen ke ponorogo aja
      sambil kumpul” sama teman
      salam kenal juga gan

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  8. suasana yang asri, salam kenal🙂

    Comment by Hendry Ferdinan | 12 August 2011 | Reply

    • yaw gan salam kenal jg
      yaw gan suasananya asri nan indah gan

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  9. wow … fotonya cntik2 ijo royo royo, jadi pgn liburan ke sono🙂

    Comment by Ely Meyer | 12 August 2011 | Reply

    • yaw kamu liburan aja kesini
      disini terbuka lebar” k’😀😀

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  10. Wihiii..indah banget ya air terjunnya😀
    Keren deh pemandangannya🙂
    Tapi batu2nya gede banget ya, bisa penyet kalo kelindes😆

    Comment by Zippy | 12 August 2011 | Reply

    • batunya aman k’ jadi kamu tenang aja gan
      gag usah takut,😀

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  11. Cantikkknya…

    Andai saja aku udah kerja n punya uang sendiri,takan ku lewatkan tuh tempat seindah itu…

    Makasih ya,biarpun cuma fotonya saja,tapi udah kebayang gimana sejuknya ntu air😀

    salam kenal ya…

    Comment by addthesurya | 13 August 2011 | Reply

    • yaw kamu kapan” klo dah pnya uang mampir aja kesini
      slam kenal juga gan

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: