sichengger

Mencari Jati Diri

Air Terjun Selorejo

Daerah ngebel, ponorogo ternya tak hanya terkenal dengan telaganya yg sangat indah, tapi juga dengan air terjunya yg juga berlokasi di kaki gunung wiilis. Sebuah air terjun yg baru di jadikan tempat wisata baru baru ini, terletak sekitar 5km dari telaga ngebel.

Para wisatawan yg kan mengunjugi air terjun selorejo diharapkan menggunakan kendaraan pribadi dari telaga ngebel, karna tidak adanya angkutan umum yg dapat membawa para wisatawan ke lokasi. Tapi bagi para wisatawan yg menggemari kegiatan mount tracking mungkin jalan kaki dapat menjadi alternative, karna jalanan menunju lokasi cenderung sudah ter aspal semua dengan keadaan jalan yg naik turun gunung, di kanan kiri jalan para wisatawan di suguhi pemandangan hutan pinus dengan degradasi warna hijau yg mendominasi, memberikan rasa damai dan tenang. jalur untuk mencapai lokasi melewati sebuah gunung dalam gugusan gunung wilis.

Jalur menuju lokasi sudah sangat memadai dengan rambu petunjuk arah, untuk mengetahui apakah kita sudah sampai lokasi begitu gampang, karna lokasi air terjun selorejo berada di ujung jalan. Pemerintah daerah ponorog memang menkhusukan pemnuatan jalan menuju lokasi sehingga jalan aspala hanya berhenti di dekat lokasi.

Dari tempat kita berhenti, terdapat sebuah tempat parker dan sebuah warung. Dari situ kita berjalan kaki kira kira 200meter ke dalam hutan, untuk para penggemar tracking jalanan tanah setapak menjadi sebuah daya tarik tersendiri yg dimiliki objek wisata air terjun selorejo. Dalam perjalanan menembus hutan di sepanjang jalan terdapat pohon kopi dan beberapa pohon besar lainya, mendekati loksai suara air terjun kan mulai terdengar, membuat kaki ini bersemangat lagi. Di lokasi para wisatawan tidak akan menemukan pedagang atau apapun, sehingga di sarankan untuk membeli makanan di tempat parker terlebih dahulu.

Air terjun selorejo termasuk dalam salah satu air terjun kaki gunung wilis yg tersebar di beberapa daerah dan kabupaten di sekitar gugusan gunung wilis berada.

Tak banyak orang yang mengetahui air terjun yang satu ini, yaitu air terjun selorejo yang berada di Desa Pupus, Kec. Ngebel, Kab. kira-kira 15 meter tinggi dari air terjun selorejo.,gemricik air yang terus menerus mengalir tanpa henti, semakin siang semakin banyak pengunjung yang datang.,mulai dari muda-mudi sampai bapak-bapak dan ibu-ibu serta ada yang membawa anaknya.,kendala promosi menghambat para penikmat air terjun dan kalayak ramai belum mengetahui air terjun yang indah., hanya dengan tiket 1500 perorang sekali masuk adalah harga yang termasuk murah di banding air terjun lainnya.Ponorogo. Terletak 12 KM dari Telaga ngebel kearah Timur dengan melewati jalan yang menanjak dan berliku-liku.,memang tak mudah mencapai air terjun selorejo, setelah sampai tempat tujuan kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit menuju objek wisata tersebut dan melewati hutan rindang nan sejuk.,terdapat pohon kopi di sekitar jalan tanjakan menuju air terjun.

Air terjun Selorejo walaupun tidak terlalu tinggi, namun mempunyai keunikan tersendiri dan berbeda denga air terjun lainnya, selain masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan kecuali pelancong local, air terjun ini memiliki tiga dinding air terjun. Dinding paling atas mempunyai ketinggian 31 meter, sedang dinding air terjun ditengah sekitar 15 meter dan yang paling bawah kurang lebih 13 meter. Apabila ditarik garis lurus secara simetris dari bawah maka akan terlihat tiga baris dinding air terjun, yang sangat menakjubkan, dan tidak akan anda temui di tempat lain.

Hawa dingin dan uap air segera menyergap para wisatawan ketika mendekat air terjun, karna lokasi air terjun yg berada di tengah hutan memnjadikan suasana asri dan hikmat yg takkan bisa di tenukan di air terjun lainnya.

Mengunjungi kota ponorogo takkan lengkap kalau tak mengunjungi telaga ngebel, begitu pula dengan air terjun selorejo, takkan lengkap bila mengunjungi telaga ngebel kalau tidak berkunjung pula ke air terjun selorejo.

13 August 2011 - Posted by | alam | , ,

22 Comments »

  1. dengan tiket yang amad terjangkau… 1500.. apa gag nimbulin sesuatu kang.. seperti banyaknya pasangan2 muda yg …. hmmm.. itu lohh😦 huehehe… pis ahh kang😉

    Comment by Belajar Photoshop | 13 August 2011 | Reply

    • yaw kan awalnya dengan tiket segitu za jrang da pengunjung low kang
      tenang aja masih aman k’ tp klo pean bawa pasangan gag pow low.hahhahahahaha😀

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  2. pengen deh ke ponorogo. belum pernah nih, plg cm numpang lewat doank…
    anyway, thx for dropping a comment in my post! :’)

    Comment by Intan | 13 August 2011 | Reply

    • yaw msama
      yaw kamu maen aja ke ponorogo

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  3. Kalau gak salah, air terjun selorejo ini juga sering diliput di TV-TV ya?😀

    Comment by iam | 13 August 2011 | Reply

    • insyaallah ea gan
      kamu udah pernah lihat yaw

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  4. udah dimaksimalkan ama pemerintah daerah apa belum tuh?
    soalnya kan sering t4 parisiwata terlantar😦

    Comment by sulunglahitani | 13 August 2011 | Reply

    • udah namun sekarang dah tidak di rawat lagi…..
      thanks yaw gan..

      Comment by sichengger | 13 August 2011 | Reply

  5. Subhanallah… Pemandangan air terjunnya indah ya…
    Semoga para pengunjung nggak buang sampah sembarangan ya, yang bisa merusak keindahan alam lokasi air terjun🙂

    Comment by Kakaakin | 14 August 2011 | Reply

    • yaw mudah”an bisa g2 gan
      namun biasanya pengunjung ugag bisa jaga kebersihan gan

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply

  6. sumpah cantik banget tu air terjunnya #mupeng mendadak. haduuuhh jadi pengen kesana, pasti adeeeeem banget..

    Comment by Dhenok | 14 August 2011 | Reply

    • yaw kamu maen aja kesini nek sini adem banget
      enak waktu siank” puasa kayak gini

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply

  7. Indonesia memang alamnya luar biasa indah. Kalau rajin masuk ke pelosok2, aduuhhh benar2 surga dunia…
    Saya juga pernah ke air terjun di Rumah Kai (Maluku) sekitar 15 tahun lalu. Dan beberapa bulan lalu ternyata si air terjun itu masuk TV. Biarpun masuk TV, memang tak jaminan orang mau kesana, karena perjalanan kan tak mudah pula…🙂

    Comment by @zizydmk | 14 August 2011 | Reply

    • kamu datang aja kesini jalannya udah mudah di lewati k’ jadi pengunjung nyaman dalam perjalan…..

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply

  8. kalau ke sana mampir ahh kayanya asiik hehe

    Comment by Cerita Pasutri | 14 August 2011 | Reply

    • nggeh mbak mampir aja pasti puas k’ di sini……

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply

  9. wah manteb nih mas

    Comment by ronie | 14 August 2011 | Reply

    • nggeh mas’e
      sampun nate mriko to….

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply

  10. subhanallah…, its sooooo beautiful/,,..

    Comment by eiz | 14 August 2011 | Reply

  11. pemandangannya bagus ya, dan tiket masuknya murah lagi😀

    Comment by zilko | 14 August 2011 | Reply

    • ea gan semoga dengan keadaan kayak gini pengunjung lebih bnyk

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: