sichengger

Mencari Jati Diri

Stoner kokoh Di Puncak Klasemen dan Marco Simoncelli Raih Podium Perdananya

Casey Stoner mempertahankan dominasinya di paruh kedua musim dengan meraih kemenangan di seri GP Brno, Rep.Ceska, Minggu (14/8/2011).Casey Stoner merebut kemenangan keenamnya musim ini usai menjuarai MotoGP Republik Ceko. Kemenangan ini membuat posisinya di puncak klasemen pembalap makin kokoh. Stoner memulai balapan di Sirkuit Brno, Minggu (14/8/2011) dari posisi ketiga. Dia ada di belakang Dani Pedrosa dan Lorenzo.

Dia mulai menguasai balapan sejak lap ketiga, tepat setelah Pedrosa terjatuh. Sejak saat itu pula, dia tak pernah kehilangan posisinya.
Posisi tersebut akhirnya berhasil dia pertahankan hingga finis. Rider Repsol Honda ini mengungguli Andrea Dovizioso dan Marco Simoncelli.

Kemenangan ini adalah kemenangan keenam Stoner dari 11 balapan yang sudah digelar musim ini. Kini dia mengumpulkan 218 poin, unggul 32 poin atas Lorenzo yang ada di posisi kedua.Sementara itu, hasil manis juga ditorehkan Marco Simoncelli yang sukses menapak podium perdananya, sekaligus melengkapi sukses Honda yang menguasai podium.

Lampu hijau menyala tanda balapan di mulai, Dani Pedrosa yang memegang pole Position tampil agresif dan mempertahankan posisinya. Pembalap Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso juga melakukan start dengan baik, dan berhasil meroket dari posisi enam ke posisi tiga.

Namun, kepimpinan Pedrosa tidak bertahan lama. Memasuki turn 3, Jorge Lorenzo mampu mengambilalih pimpinan lomba. Memasuki lap ketiga, nasib nahas menghampiri Pedrosa yang harus terhempas dari motornya saat melibat turn 4. Pembalap asal Spanyol ini pun terpaksa mengakhiri balapan lebih awal.

Jatuhnya Pedrosa membuat Lorenzo kembali mengambil alih balapan. Namun, itu juga tak bertahan lama. Pasalnya, di lap kelima pembalap Yamaha Factory itu harus menyerahkan posisi terdepan kepada rival terkuatnya, Casey Stoner. Berada di depan, Stoner menunjukkan cirri khasnya dengan langsung meninggalkan pesaingnya.

Pertarungan sengit pun terjadi di perebutan tempat kedua. Andrea Dovizioso mendapat ancaman serius dari Lorenzo dan Marco Simoncelli di tempat keempat. Terus menempel ketat Dovi, Lorenzo berhasil mengkudeta Dovi pada lap kedelapan. Namun, keunggulan tersebut hanya bisa dipertahankan sebentar. Tiga lap berselang, Dovi kembali berhasil melewati Lorenzo untuk mengamankan podium dua.

Sementara itu, kesalahan kembali dilakukan Lorenzo sehingga harus turun ke posisi empat, setelah juga disalip Simoncelli yang kini menempati posisi ketiga. Jika mampu mempertahankan posisi hingga finish, maka itu akan jadi podium pertama Super Sic.

Memasuki delapan lap tersisa, Stoner kian nyaman berada di depan. Sementara itu, perebutan tempat kedua melibatkan Dovi dan Simoncelli. Lorenzo di tempat keempat, kini mendapat ancaman dari rekan setimnya Ben Spies di tempat kelima.

Sedangkan The Doctor Valentino Rossi yang sempat terlempar ke urutan 11 di awal lomba, kini terlibat pertarungan dengan Alvaro Bautista dalam memperebutkan posisi enam. Nahas bagi Bautista, pembalap Suzuki tersebut harus keluar dari pertarungan dengan Rossi setelah tergelincir saat memasuki tikungan di enam lap tersisa.

Jalannya balapan tidak mengalami banyak perubahan di sisa enam lap. Stoner yang sudah unggul sekira sembilan detik, nyaman melintas garis finis pertama. Dovi berhasil mengatasi tekanan Simoncelli untuk meraih podium dua, sedangkan Simoncelli juga bisa tersenyum puas karena sukses meraih podium pertamanya.

Lorenzo pantas kecewa dengan hasil balapan kali ini karena ini adalah kali ketiga sang juara dunia gagal naik podium. Sementara rekan setimnya, Ben Spies menempati posisi lima, kendati sempat mengira tak mampu membalap dengan maksimal menyusul cedera lengan yang dialaminya.

Valentino Rossi juga masih harus bekerja ekstra keras untuk membawa tunggangannya Ducati bersaing, setelah hanya mampu mengakhiri balapan di posisi enam, diikuti rekan setimnya Nicku Hayden, Colin Edwards, Hiroshi Aoyama dan Hector Barbera di posisi sepuluh besar.

Jalannya balapan

Pedrosa langsung melesat selepas start. Stoner dan Lorenzo coba mengganggunya, tapi gagal.

Masih di lap pertama, Lorenzo sukses mendahului Stoner dan Pedrosa. Dia pun kini ada di posisi terdepan.

Memasuki lap ketiga, Pedrosa kembali memimpin balapan setelah berhasil menyalip Lorenzo. Namun, nasib sial menghampirinya beberapa saat kemudian. Dia tergelincir dan terlempar ke gravel. Stoner kini memimpin lomba, setelah sebelumnya mendahului Lorenzo.

Pedrosa tak bisa melanjutkan balapan. Namun, kondisinya baik-baik saja.

Dovizioso merebut posisi kedua dari tangan Lorenzo pada lap kelima. Posisi empat besar kini diisi Stoner, Dovizioso, Lorenzo, dan Simoncelli. Di belakang mereka ada Ben Spies dan Valentino Rossi.

Cal Crutchlow jadi pembalap kedua yang keluar dari balapan. Sama seperti Pedrosa, dia juga tergelincir dan terlempar ke gravel.

Stoner perlahan-lahan memisahkan diri dari lawan-lawannya. Pada lap kedelapan, dia unggul cukup jauh atas Dovizioso.

Pertarungan cukup seru justru terjadi di belakang Stoner. Lorenzo mengambil alih posisi kedua dari Lorenzo pada lap kesembilan. Simoncelli yang ada di belakang mereka berdua pun masih menempel ketat.

Hingga lap ke-11, posisi Stoner di depan sangat aman. Dia unggul sekitar 4 detik atas Lorenzo. Peluangnya untuk menang sangat besar.

Di belakang Stoner, kembali terjadi perubahan posisi. Lorenzo terlempar ke posisi keempat setelah dilewati Dovizioso dan Simoncelli.

Memasuki lap ke-14, Lorenzo makin tercecer dan tertinggal cukup jauh dari Simonceli. Sementara Stoner makin tak terkejar setelah memimpin hingga 6 detik di depan Dovizioso.

Dua lap berselang, Alvaro Bautista terjatuh saat mencoba merebut posisi keenam dari Rossi. Namun, dia masih bisa meneruskan balapan.

Stoner unggul hingga sekitar 8 detik atas Dovizioso saat balapan tersisa tiga lap. Sepertinya kemenangan sudah pasti jadi milik rider Australia ini.

Stoner tidak membuat kesalahan hingga balapan selesai. Dia menyentuh garis finis paling awal sekaligus merebut kemenangan keenamnya musim ini.

14 August 2011 - Posted by | olah raga, sport | ,

2 Comments »

  1. Wah stoner emang hebat, salut deh
    Saya malah baru nonton awalnya saja coz sudah datang waktu sholat isya’
    syukur deh bisa baca ulasannya di sini

    Comment by Mas Jier | 14 August 2011 | Reply

    • yaw memank semua itu berawal dari pengalaman gan………
      jdinya stoner dapat meraih podium….

      Comment by sichengger | 14 August 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: